Minggu, 31 Juli 2016

Workshop Nasional Front Line Officer Pelabuhan di Semarang


FtBr_WS-Smg-01
(Semarang ) Dalam rangka menindaklanjuti Arahan Presiden Republik Indonesia melalui surat yang dikeluarkan oleh Sekretariat Kabinet Terkait “Pemasangan Radiation Portal Monitor (RPM)” dan “Perizinan Pemanfaatan Sumber Radiasi Pengion dan Bahan Nuklir”, BAPETEN melalui Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN) selaku Unit kerja penanggungjawab Program I-CoNSEP melakukan “Workshop Front Line Officer Pelabuhan” pada 27-29 Juli 2016 di Semarang.
Workshop ini dibuka oleh Deputi Perizinan dan Inspeksi BAPETEN Khoirul Huda. Dalam sambutannya, Deputi PI menyatakan bahwa keamanan nuklir nasional adalah merupakan suatu upaya dari pemerintah indonesia khususnya BAPETEN dalam rangka menjaga keamanan Negara Indonesia dari ancaman penyalahgunaan zat radioaktif dan/atau bahan nuklir untuk tujuan non damai, khususnya penggunaan yang tidak sesuai dengan peraturan ketenaganukliran.
FtBr_WS-Smg-02
Untuk menindaklanjuti hal ini maka perlu peningkatan koordinasi dengan lembaga-lembaga/stakeholder terkait secara terus-menerus dan intensif. Guna mendukung program keamanan nuklir tersebut, BAPETEN telah mengadakan beberapa kali pelatihan terhadap Front Line Officer (FLO) baik di kantor BAPETEN maupun di lokasi di mana terdapat pelabuhan yang telah memasang RPM. Pelatihan ini dilakukan guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia khususnya FLO dalam rangka mendukung Program Keamanan Nuklir Nasional yang telah dicetuskan oleh para pemimpin negara kita di Konferensi Tingkat Tinggi Keamanan Nuklir (Nuclear Security Summit/NSS).
FtBr_WS-Smg-04
Workshop ini dihadiri oleh Perwakilan dari Kemenlu, KPPBC Belawan, Syahbandar Belawan,Perwakilan BP Batam ( Kantor Pelabuhan Laut BP Batam ),  BICT Belawan, KPPBC Makassar, Syahbandar Makasar, Terminal Petikemas Makassar, Otoritas Pelabuhan Makassar, KPPBC Bitung, KSOP Bitung, Terminal Petikemas Bitung, Kantor Pusat Bea dan Cukai, KPU Tanjung Priok, KPPBC Tanjung Emas, KSOP Tanjung Emas, Terminal Petikemas Semarang, KPPBC Tanjung Perak. Kegiatan Workshop ini berisikan materi-materi seperti Pengenalan tentang peralatan detektor radiasi seperti Radiation Portal Monitor (RPM) dan peralatan pendeteksi lainnya, pengenalan mengenai pemeriksaan lanjutan terkait adanya alarm akibat adanya sumber radiasi yang terdeteksi dan pembahasan Kosep Operasi dan Standart Operasi Prosedur yang dalam proses pematangan di Pelabuhan Bitung dan Makssar. Untuk Praktik Lapangan, dilakukan dengan cara in-house training mengenai penggunaan peralatan deteksi radiasi dan pencarian sumber sumber radiasi.
FtBr_WS-Smg-06
Acara ditutup dengan evaluasi dan tanya jawab antara pengajar dan peserta serta penyerahan sertifikat kepada para peserta workshop. Pelatihan ditutup oleh Kepala Subdirektorat Keteknikan DKKN yang menyampaikan bahwa peserta telah mengikuti workshop dengan antusias, dan diharapkan peserta dapat mempraktikkan ilmu yang didapat selama workshop ini saat bekerja dilapangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar