Selasa, 20 Januari 2015

Perkembangan KPLP Batam

Keberadaan KPLP di Batam  dirintis pertama kali pada masa Era Jaman Bapak Agus Prabowo tahun 1994 dengan BKO KPLP dari pangkalan tanjunguban. Keberadaan KPLP BKO Pangkalan Armada Tanjung Uban mengisi wilayah kerja Pelabuhan Domestik Sekupang dan Domestik telaga punggur. KPLP BKO Pangkalan Tanjung Uban yaitu Pak Marsyain, Pak Krisman Harahap, Pak Andi Rasip ,Pak Basirun, B Samosir , Pak Purba dan sebagai Syahbandar waktu itu Pak M.Tefur dan Agus Prabowo .KPLP di Batam waktu itu sudah ada tapi langsung di Komando dari Pangkalan tanjung Uban tidak berada dalam Struktur organisasi Kantor Pelabuhan Batam. Keberadaan KPLP BKO Pangkalan Tanjung Uban  lebih dikenal di Perairan  anggotanya mengisi wilayah-wilayah pelabuhan di Kepulauan Riau dan sekitar.  KPLP BKO Tanjung Uban yang operasionalnya lebih banyak di perairan belum begitu memasyarakat dan dikenal oleh warga Batam.

 KPLP Kantor Pelabuhan Batam secara struktural mulai ada  pada masa Kepala Kantor di Jabat Bapak Jimmy Nikijulu tahun 1997.Pada waktu menjabat di batam beliau disertai 2 anggota KPLP dari pusat yaitu Capt. Ezau D Kakisina dan Subur Hanafiah.Pada masa ini melaui Bapak Gardewa Surya direkrut 12 Bintara ( Angkatan tahun 1995 ) yaitu Jumianto, Suprayitno, Kun Sri Harto, Teguh Santosa, Heru Yuwono, Suherman, Sapron Riadi, Junaedi arahim, Irwansyah, Suprapto, Yurhan affandi, Todo Tua Tambunan dan 30 tamtama ( Tahun 1998 ) setelah melalui Diklat dasar. Pada Era ini termasuk era kebesaran KPLP Batam di bawah Kepala KPLP ( Kasie Keamanan dan Patroli Ezau D Kakisina ( Pak Buce ) terbagi dalam Satuan Keamanan Pelabuhan ( SATKAMPEL ) , Satuan Keamanan Perairan Bandar ( SATKAMPAR Bandar ) dan Dinas Provost dengan Markas Komando di Pelabuhan Batuampar. KPLP Batam di bawah kepemimpinan Ezau D Kakizina dan Subur Hanafiah inilah KPLP Pertama yang secara Struktur Organisasi langsung di bawah Organisasi Kantor Pelabuhan Batam dalam Seksi Keamanan Pelabuhan dan Patroli pada Bidang Kesyahbandaran Kantor Pelabuhan Batam .

Pada masa ini Satuan Keamanan Pelabuhan Petugas KPLP betul-betul berdisiplin tinggi dengan sistem jaga 12 jam kerja ,rata-rata pos di isi 6 orang dengan sistim Piket Pagi-Malam-Libur.Semua pos waktu itu terisi mulai dari Pos Sagulung, Pos Marina City, Pos Domestik Sekupang , Pos International Sekupang, Pos Beton sekupang , Pos Batuampar , Pos Maghobar , Pos Kabil , Pos Nongsapura, Pos Domestik Punggur , Pos Punggur dalam, Pos Bagan dan Pos Barelang. Semua pos berjalan dan terisi Petugas.ditambah 2 kapal patroli KN 446 dan KN 325 dan Petugas Dinas Provost.Pada waktu itu apel pagi tiap hari senin dan olah raga pagi tiap hari jumat selalu dilaksanakan.Di Era KPLP Batam dibawah kepemimpinan Capt Ezau D kakisina ( Komandan Buce ) inilah KPLP Batam mulai dikenal oleh masyarakat batam dan kebesarannya sampai kedaerah-daerah lain terutama daerah pelabuhan seluruh Indonesia.

Pada masa Kepala Kantor Bapak Ali Ibrahim banyak anggota KPLP generasi Pertama dalam Struktur Organisasi Kantor Pelabuhan Batam  ini yang menanggalkan seragam KPLP dan berpindah ke bagian lain karena permasalahan opsi pilihan Status Kepegawaian karena 100 % KPLP generasi Pertama dalam Struktur Organisasi Kantor Pelabuhan batam ini merupakan Pegawai Kementerian Perhubungan pada Pada Kantor Pelabuhan Batam yang di Perbantukan pada BP Batam.Dengan banyak berpindahnya  pegawai KPLP .generasi Pertama  kebagian lain dan beberapa KPLP senior yang sudah pensiun sekarang rata-rata Pos Penjagaan yang di isi oleh Petugas KPLP Batam juga kosong ditinggalkan hanya beberapa Pos saja yang masih terisi oleh beberapa Anggota KPLP



 KPLP KN 330 dan KPLP pengangkatan setelah generasi Pertama dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sekarang yang membesarkan KPLP Batam.
Diklat Dasar Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai : Diklat Penjagaan dan Penyelamatan 1 April 1998- 30 Juni 1998 , Pulau Galang ( Kampung Pengungsi Vietnam,tahun 1998 )


Diklat Lanjutan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai : Diklat Pengetahuan kesyahbandaran , Kepelabuhanan, Administrasi Senjata api dan SAR. Batam April 1999 ( Tempat Diklat : Guest House Sekupang )



Diklat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai  : Diklat Penegakan hukum keselamatan Maritim , Keselamatan dan Keamanan Pelabuhan  dan Perlindungan Lingkungan Maritim , Tempat diklat : Batam Kantor Badan Pengusahaan Batam / OB Lama Sekupang  dan Hotel Paradise 17 S / D 28 April 2000

                                                          ABK Kapal KN.325


 Markas Komando Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai 
Kantor Pelabuhan Batam
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut
Kementerian Perhubungan


 Patroli Satuan Keamanan Perairan Bandar  oleh SATKAM Bandar Wilayah Kerja Kantor Pelabuhan Batam


 Menghadiri Undangan Kepala Pangkalan Tanjung Uban Capt. Gajah Ruseno pada hari Armada Penjaga Laut dan Pantai
 ( Tanjung Uban 1998 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar