Sebagai seorang pebisnis atau orang yang ingin memulai bisnis bekerjasama dengan Pemerintah,
Anda harus bisa membuat business plan atau minimal tahu apa itu business
plan. Business plan
sendiri adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang
menggambarkan semua unsur yang relevan baik internal maupun eksternal mengenai
perusahaan untuk memulai suatu usaha. Lalu apa sebenarnya tujuan dari business
plan?
Tujuan
dari business plan sebenarnya adalah sebagai jembatan antara ide dan kenyataan,
serta memberikan gambaran yang jelas dari apa yang hendak dilakukan oleh sang
wirausaha yang ingin bekerjasama dengan Badan Usaha Pemerintah Tersebut tersebut. Selain itu Anda bisa memberikan business plan tersebut
kepada calon investor untuk mendapatkan bantuan dana. Bisnis Plan dalam hal Kerjasama antara Perorangan , Badan Usaha dengan Pemerintah menjadi Kajian awal dalam memulai suatu Kerjasama.
Bisnis Plan berisi Sebagai Berikut :
Pembuka Ringkasan Eksekutif
Bab II. Analisa
pemasaran (marketing analysis)
Bab III. Analisa
Produk (product analysis)
Bab IV. Analisa
Manajemen (management analysis)
Bab. IV Analisa
keuangan (financial analysis)
Bisnis Plan berisi Sebagai Berikut :
Pembuka Ringkasan Eksekutif
Ini adalah halaman yang paling penting dari business plan.
Pasalnya, di halaman ini Anda akan bercerita bisnis apa yang ingin dijalankan.
Diantaranya adalah deskripsi ringkas dari bisnis Anda, inovasi dari bisnis Anda
serta kapan bisnis Anda akan diluncurkan. Dalam sebuah business plan, ringkasan
eksekutif adalah hal yang sangat penting karena inilah halaman pertama yang
dibaca, jika tidak menarik maka orang tidak akan melanjutkan membaca. Usahakan
maksimal ringkasan eksekutif adalah 2 halaman.
Bab I. Latar Belakang
Disini
akan terlihat beberapa poin-poin tentang bagaimana bisnis Anda akan berjalan.
Mulai dari sejarah, pihak yang akan terlibat dan bertanggung jawab dalam bisnis
Anda, kondisi keuangan (sekarang atau proyeksi kedepan), rencana pengembangan,
produk atau jasa yang dihasilkan, penjelasan tentang usaha, penjelasan tentang
detail produk dan penjelasan tentang lokasi bisnis Anda nantinya.
Jika
dirunut satu persatu, bagan dari latar belakang adalah sebagai berikut:
1. Latar Belakang
2. Sejarah
berdirinya perusahaan
3. Pihak yang
akan terlibat dan bertanggung jawab dalam bisnis Anda
4. Kondisi
keuangan
5. Rencana
pengembangan
6. Produk
atau jasa yang dihasilkan
7. Penjelasan
tentang usaha yang akan dijalankan
·
Aspek perijinan
·
Siapa yang ikut bekerja sama
·
Jenis usaha yang dipilih
1. Penjelasan
produk
·
Produk yang akan dijual
·
Manfaat produk
·
Gambaran saingan bisnis
·
Keunggulan produk
1. Penjelasan
tentang lokasi
·
Jenis lokasi, sewa atau bangunan milik sendiri
·
Penjelasan tentang luas tanah
·
Keunggulan lokasi tanah
Bab II. Analisa
pemasaran (marketing analysis)
Dalam
bab 3 ini, Anda harus menjelaskan secara detail tentang siapa yang akan menjadi
konsumen barang atau jasa Anda. Secara lengkap Anda bisa menulis tentang
analisa kuantitatif dan kualitatif, karakteristik konsumen, tingkat persaingan,
strategi harga serta strategi promosi atau iklan. DIsini Anda bisa menjelaskan
tentang bagaimana produk Anda dibuat, kemasan dan harga dari produk atau jasa.
Harga disini bisa dilihat dari harga jual dan harga beli.
Lalu
tahap promosi penjualan, Anda dapat menulis tentang strategi promosi, slogan
lalu dana untuk promosi. Anda bisa menyebutkan satu persatu media mana yang
ingin promosikan. Mulai dari media televisi, radio, koran atau internet. Jika
dirunut, pada bab analisa pemasaran ini dapat dilihat seperti dibawah ini.
1. Analisa
Pemasaran
2. Profil
konsumen
3. Potensi
pasar serta prospek pertumbuhannya
4. Market
share saat ini
5. Analisa
kuantitatif dan kualitatif (bisa berbentuk bagan)
6. Karakteristik
konsumen
7. Tingkat
persaingan bisnis
8. Strategi
produk, harga serta pelayanan
·
Membuat kesan dan image produk
·
Penampilan produk
·
Strategi harga produk
·
Strategi penjualan
·
Promosi dan periklanan
1. Penentuan
target pasar (Kebutuhan pasar, pesaing dan bagaimana mengatur strategi
pemasaran)
Bab III. Analisa
Produk (product analysis)
Disini
Anda akan menjelaskan bagaimana detail dari produk atau jasa Anda, jika Anda
mempunyai produk atau jasa lebih dari satu Anda tidak perlu ragu menjabarkannya
satu persatu. Karena analisa produk ini mengharuskan Anda menjelaskan secara
detail bagaimana produk Anda nanti akan dibuat dan pencarian bahan baku. Jika
dirunut, bab 4 dari business plan ini adalah sebagai berikut.
1. Analisa
Produk
1. Definisi
produk
2. Perbandingan
(keunggulan pesaing dan kelemahan pesaing)
3. Beberapa
pertimbangan (bahan baku, serta tahap produksi)
Bab IV. Analisa
Manajemen (management analysis)
Disini
Anda akan menjabarkan bagaimana struktur manajemen dari bisnis Anda. Mulai dari
struktur organisasi dan detail dari manajemen. Detail manajemen ini adalah bagaimana
jumlah karyawan yang dibuthkan, sistem penggajian, kekuatan manajemen sampai
kelemahan dari menajemen yang dimiliki sekarang. Jika dirunut, bagan bab 5 ini
adalah sebagai berikut.
1. Analisa
Manajemen
2. Struktur
organisasi
3. Detail
jumlah karyawan dan keahlihannya
4. Sistem
penggajian dan tunjangan
5. Penjelasan
kekuatan dan kelemahan manajemen
Bab. IV Analisa
keuangan (financial analysis)
Ini
adalah bab penting dari business plan . Anda harus menulis bagaimana kondisi
keuangan perusahaan Anda saat ini atau proyeksi keuangan di masa depan. Mulai
dari perkiraan pendapatan, modal yang dimiliki saat ini, besar dana yang harus
dibutuhkan serta biaya operasional sehari-hari. Anda harus benar-benar menulis
sejujurnya karena jika Anda me-mark up terlalu besar, business plan Anda bisa
saja ditolak oleh calon investor atau penyandang dana. Pada bab terakhir ini,
jika dirunut adalah sebagai berikut
1. Analisa
Keuangan
2. Perkiraan
pendapatan
3. Modal yang
dimiliki
4. Berapa
besar dana yang dibutuhkan
5. Berapa
biaya operasional harian, bulanan sampai tahunan
Jika
dirunut dari mulai ringkasan eksekutif, maka bagan dari business plan adalah
sebagai berikut.
1. Ringkasan
Eksekutif
2. Latar
Belakang
3. Analisa
Pemasaran
4. Analisa
Produk
5. Analisa
Manajemen
6. Analisa
Keuangan
7. Penutup
7. Penutup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar