Kamis, 18 Mei 2017

Bisnis Plan Kerjasama antara Badan Usaha Swasta dan Pemerintah

Sebagai seorang pebisnis atau orang yang ingin memulai bisnis bekerjasama dengan Pemerintah, Anda harus bisa membuat business plan atau minimal tahu apa itu business plan. Business plan sendiri adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang menggambarkan semua unsur yang relevan baik internal maupun eksternal mengenai perusahaan untuk memulai suatu usaha. Lalu apa sebenarnya tujuan dari business plan?

Tujuan dari business plan sebenarnya adalah sebagai jembatan antara ide dan kenyataan, serta memberikan gambaran yang jelas dari apa yang hendak dilakukan oleh sang wirausaha yang ingin bekerjasama dengan Badan Usaha Pemerintah Tersebut tersebut. Selain itu Anda bisa memberikan business plan tersebut kepada calon investor untuk mendapatkan bantuan dana. Bisnis Plan dalam hal Kerjasama antara Perorangan , Badan Usaha dengan Pemerintah menjadi Kajian awal dalam memulai suatu Kerjasama.

 Bisnis Plan berisi Sebagai Berikut :

Pembuka Ringkasan Eksekutif 


Ini adalah halaman yang paling penting dari business plan. Pasalnya, di halaman ini Anda akan bercerita bisnis apa yang ingin dijalankan. Diantaranya adalah deskripsi ringkas dari bisnis Anda, inovasi dari bisnis Anda serta kapan bisnis Anda akan diluncurkan. Dalam sebuah business plan, ringkasan eksekutif adalah hal yang sangat penting karena inilah halaman pertama yang dibaca, jika tidak menarik maka orang tidak akan melanjutkan membaca. Usahakan maksimal ringkasan eksekutif adalah 2 halaman.


Bab I. Latar Belakang

Disini akan terlihat beberapa poin-poin tentang bagaimana bisnis Anda akan berjalan. Mulai dari sejarah, pihak yang akan terlibat dan bertanggung jawab dalam bisnis Anda, kondisi keuangan (sekarang atau proyeksi kedepan), rencana pengembangan, produk atau jasa yang dihasilkan, penjelasan tentang usaha, penjelasan tentang detail produk dan penjelasan tentang lokasi bisnis Anda nantinya.
Jika dirunut satu persatu, bagan dari latar belakang adalah sebagai berikut:
1.      Latar Belakang
2.     Sejarah berdirinya perusahaan
3.     Pihak yang akan terlibat dan bertanggung jawab dalam bisnis Anda
4.     Kondisi keuangan
5.     Rencana pengembangan
6.     Produk atau jasa yang dihasilkan
7.     Penjelasan tentang usaha yang akan dijalankan
·         Aspek perijinan
·         Siapa yang ikut bekerja sama
·         Jenis usaha yang dipilih
1.      Penjelasan produk
·         Produk yang akan dijual
·         Manfaat produk
·         Gambaran saingan bisnis
·         Keunggulan produk
1.      Penjelasan tentang lokasi
·         Jenis lokasi, sewa atau bangunan milik sendiri
·         Penjelasan tentang luas tanah
·         Keunggulan lokasi tanah

Bab II. Analisa pemasaran (marketing analysis)

Dalam bab 3 ini, Anda harus menjelaskan secara detail tentang siapa yang akan menjadi konsumen barang atau jasa Anda. Secara lengkap Anda bisa menulis tentang analisa kuantitatif dan kualitatif, karakteristik konsumen, tingkat persaingan, strategi harga serta strategi promosi atau iklan. DIsini Anda bisa menjelaskan tentang bagaimana produk Anda dibuat, kemasan dan harga dari produk atau jasa. Harga disini bisa dilihat dari harga jual dan harga beli.
Lalu tahap promosi penjualan, Anda dapat menulis tentang strategi promosi, slogan lalu dana untuk promosi. Anda bisa menyebutkan satu persatu media mana yang ingin promosikan. Mulai dari media televisi, radio, koran atau internet. Jika dirunut, pada bab analisa pemasaran ini dapat dilihat seperti dibawah ini.
1.      Analisa Pemasaran
2.     Profil konsumen
3.     Potensi pasar serta prospek pertumbuhannya
4.     Market share saat ini
5.     Analisa kuantitatif dan kualitatif (bisa berbentuk bagan)
6.     Karakteristik konsumen
7.     Tingkat persaingan bisnis
8.     Strategi produk, harga serta pelayanan
·         Membuat kesan dan image produk
·         Penampilan produk
·         Strategi harga produk
·         Strategi penjualan
·         Promosi dan periklanan
1.      Penentuan target pasar (Kebutuhan pasar, pesaing dan bagaimana mengatur strategi pemasaran)

Bab III. Analisa Produk (product analysis)

Disini Anda akan menjelaskan bagaimana detail dari produk atau jasa Anda, jika Anda mempunyai produk atau jasa lebih dari satu Anda tidak perlu ragu menjabarkannya satu persatu. Karena analisa produk ini mengharuskan Anda menjelaskan secara detail bagaimana produk Anda nanti akan dibuat dan pencarian bahan baku. Jika dirunut, bab 4 dari business plan ini adalah sebagai berikut.
1.      Analisa Produk
1.      Definisi produk
2.     Perbandingan (keunggulan pesaing dan kelemahan pesaing)
3.     Beberapa pertimbangan (bahan baku, serta tahap produksi)

Bab IV. Analisa Manajemen (management analysis)

Disini Anda akan menjabarkan bagaimana struktur manajemen dari bisnis Anda. Mulai dari struktur organisasi dan detail dari manajemen. Detail manajemen ini adalah bagaimana jumlah karyawan yang dibuthkan, sistem penggajian, kekuatan manajemen sampai kelemahan dari menajemen yang dimiliki sekarang. Jika dirunut, bagan bab 5 ini adalah sebagai berikut.
1.      Analisa Manajemen
2.     Struktur organisasi
3.     Detail jumlah karyawan dan keahlihannya
4.     Sistem penggajian dan tunjangan
5.     Penjelasan kekuatan dan kelemahan manajemen

Bab. IV Analisa keuangan (financial analysis)

Ini adalah bab penting dari business plan . Anda harus menulis bagaimana kondisi keuangan perusahaan Anda saat ini atau proyeksi keuangan di masa depan. Mulai dari perkiraan pendapatan, modal yang dimiliki saat ini, besar dana yang harus dibutuhkan serta biaya operasional sehari-hari. Anda harus benar-benar menulis sejujurnya karena jika Anda me-mark up terlalu besar, business plan Anda bisa saja ditolak oleh calon investor atau penyandang dana. Pada bab terakhir ini, jika dirunut adalah sebagai berikut
1.      Analisa Keuangan
2.     Perkiraan pendapatan
3.     Modal yang dimiliki
4.     Berapa besar dana yang dibutuhkan
5.     Berapa biaya operasional harian, bulanan sampai tahunan

Jika dirunut dari mulai ringkasan eksekutif, maka bagan dari business plan adalah sebagai berikut.
1.      Ringkasan Eksekutif
2.     Latar Belakang
3.     Analisa Pemasaran
4.     Analisa Produk
5.     Analisa Manajemen
6.     Analisa Keuangan
7.     Penutup


Tidak ada komentar:

Posting Komentar